Catur Tertib Pegawai Negeri Sipil

Kamis, 04 Maret 2021       Dibaca: 251 kali

Sahabat Mido, berikut selayang pandang mengenai Catur Tertib Pegawai Negeri Sipil yang termaktub dalam Surat Edaran Menteri Kehakiman RI Nomor M.01.UM.05.01 Tahun 1984 Tanggal 11 Juli 1984, yang terbagi menjadi 4 butir sebagai berikut;

1. Tertib Disiplin
Disiplin yang baik mencerminkan besarnya tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini mendorong gairah kerja, semangat kerja, dan terwujudnya tujuan organisasi. Guna mewujudkan tujuan organisasi yang harus segera dibangun dan ditegakkan adalah kedisiplinan pegawainya. Jadi, kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan.

CATUR PNS

Gambar 1. Kegiatan pemeriksaan kelengkapan atribut pakaian dinas pada saat Apel pagi

2. Tertib Administrasi
Tertib administrasi adalah pelaksanaan administrasi yang tertata secara sistematis guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efisien dan efektif.

CATUR PNS

Gambar 2. Pengajuan cuti pegawai pada aplikasi SIMPEG Kemenkumham

3. Tertib Perkantoran
Seluruh rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan hingga menyelenggarakan secara tertib sehingga tercapai cita-cita yang dituju.

CATUR PNS

Gambar 3. Kegiatan Apel Kendaraan Dinas di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam

4. Tertib Kehidupan Rumah Tangga
Kehidupan berumah tangga merupakan kegiatan yang secara terus menerus terjadinya interaksi yang tidak akan terputus. Layaknya sebuah organisasi, keluarga tidak hanya mencakup keluarga inti yang terdiri ayah, ibu dan anak saja, tetapi turut terjalin interaksi terhadap tetangga maupun kerabat. Sehingga Hidup bersama orang lain harus saling menjaga dan menghormati agar terwujud harmoni dalam mencapai kerukunan kehidupan berumah tangga.

CATUR PNS

Gambar 4. Kegiatan Kunjungan Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan(DWP) ke Kediaman Anggota DWP pasca melahirkan